Monday 10 March 2014

Kelebihan dan Kekurangan Ternak Entok


By: Rifandi Fauzy Rachman


Kelebihan dan Kekurangan Ternak Entok

Untuk lebih menyakinkan anda bahwa peluang beternak enthok masih cukup menjanjikan, berikut akan kami paparkan sisi kelebihan dan kekurangan dalam beternak entok:
  
Sisi Kelebihan :

  1. Tingkat konsumsi pakan enthok lebih sedikit dibandingkan dengan itik, tapi kalau dihitung konsumsi pakan total sampai umur panen (dengan asumsi berat sama antara enthok vs itik) maka bisa dikatakan hampir sama juga.
  2. Moment tertentu seperti lebaran kemaren harga enthok terutama enthok jantan bisa tembus di harga Rp 120.000/ekor, padahal pada hari-hari biasa paling bisa laku antara Rp 60.000 - Rp 75.000/ekor nya.
  3. Daging enthok lebih tebal sehingga pada waktu dimakan lebih terasa dan aroma dagingnya juga tidak setajam daging itik.
  4. Pemasaran yang mudah, karena hampir setiap pedagang/pengepul keliling atau juga pasar tradisional mau menerima enthok.
  5. Hasil sampingan beternak enthok adalah bulunya yang bisa dipakai shuttle cock (40-50 hari sekali dicabuti).
  6. Dari segi penyakit enthok lebih kuat dan tahan daripada ayam.
  7. Enthok merupakan pengeram terbaik saat ini, sehingga apabila anda mempunyai telur yang pada saat pengeraman di tinggalkan induknya, atau kejadian induknya mati mendadak maka telur tersebut bisa dititipkan pada enthok.


Sisi Kekurangan

  1.  Laju pertumbuhan enthok lebih lambat dibandingkan dengan itik sehingga panennya juga lebih lama.
  2. Bibit enthok (DOD) memang lebih susah didapat karena masih mengandalkan pengeraman secara alamiah, sehingga kadang umur DOD yang tersedia juga beragam antara 1-4 hari.
  3. Harga DOD enthok jauh lebih mahal dibandingkan dengan DOD itik
    Pada umur 1-10 hari (umur dod) tingkat kematiannya lebih tinggi dibandingkan dengan itik, mortalitas masih dianggap baik apabila tidak lebih dari 10%.                                          sumber http://ternakentokbanyuwangi.blogspot.com/

2 comments:

  1. terima kasih atas masukannya......sy pemula.. semoga bermanfaat

    ReplyDelete
  2. Saya dari sumatra utara, dan saya sudah memulai ternak bebek entok, jika anda berminat silahkan pesan melalui email ini

    ReplyDelete