Tuesday 11 March 2014

Kandang Untuk Si Entok

Berbicara tentang ternak Entok pasti yang ada dalam fikiran kita adalah "ENTOK", itu pasti..! Nah lalu apa aja yang harus kita ketahui tentang entok, yang pasti cara hidupnya, cara reproduksi, dan kamar untuk Entok, sebut saja kandang .. hehehe
Kandang Entok tidak jauh beda dengan kandang itik pada umumnya, Suhu kandang yang dibutuhkan hewan ternak yang satu ini adalah ± 39oC. kelembaban kandang berkisar antara 60-65%, terdapat 3 model kandang untuk Entok, yaitu sebagai berikut :
  1.  Kandang untuk anak Entok (DOT) bisa ddisebut juga dengan kandang box, dengan ukuran 1m2 dengan kapasitas 50 ekor DOT. 
  2. Kandang Grower ( Untuk Entok Remaja , ya ABG gitulah) disebut kandang Ren/ kandang Kelompok dengan ukuran 16-100 ekor perkelompok (1m2 per 4-6 ekor ). 
  3. Kandang Layer (Untuk Entok Masa Bertelur) kandangnya berupa kandang baterei (satu atau dua ekor entok untuk satu kandang) bisa juga kandang lokasi atau kandang kelompok dengan ukuran setiap meter persegi 4-5 ekor entok dewasa ( masa bertelur atau untuk 30 ekor entok dewasa dengan ukuran kandang 3 x 2 meter ) 
  4. Kondisi kandang dan perlengkapannya tidak harus dari bahan yang mahal brother and sister, tetapi cukup sederhana asal kuat dan tahan lama. Untuk perlengkapannya berupa tempat makan, tempat minum dan mungkin perlengkapan tambahan lainnya yang bermaksud positif dalam management.   
Oleh : Garnis Arum ADarta
sumber : http://syahrir-hasyim.blogspot.com/2013/11/memelihara-entokbebek-manila.html

No comments:

Post a Comment