Tuesday 11 March 2014

Yang Perlu Diperhatikan Dalam Budidaya Entok ….

Jika kita akan melakukan suatu budidaya ternak entok maka banyak yang perlu dipersiapkan tidak hanya dari segi bibit ternak yang unggul tetapi kita harus melihat dari sisi baik buruknya bagi lingkungan sekitar. Yang pertama kali harus diperhatikan ialah lokasi ternak entok. Lokasi yang akan dipilih haruslah jauh dari pemukiman agar tidak menimbulkan pencemaran udara. Paling tidak jarak minimalnya sekitar 40 meter dari pemukiman penduduk. Setelah penentuan lokasi maka tahap selanjutnya ialah pembuatan kandang.
Kandang dibagi oleh beberapa jenis dengan fungsinya masing-masing. Kandang yang pertama digunakan untuk anakan, yang kedua digunakan untuk pembesaran bibit ternak, dan kandang untuk indukan. Selain kandang hal lain yang perlu diperhatikan ialah masalah bibit, pakan, obat-obatan, tempat pakan, minum serta penerangannya.
Sebaiknya pembuatan kandang harus dibuat bentuk panggung. Tujuannya agar mempermudah dalam proses perawatan kandang. Sebaiknya bahan yang baik digunakan ialah bamboo yang dipasang renggang-rengggang tujuannya sebagai ventilasi atau pertukaran udara bagi kandang. Jika pertukaran udara dalam kandang kurang, maka tidak menutup kemungkinan ternak akan sakit bahkan mati.
Demikian posting yang bisa saya berikan, semoga dapat bermanfaat bagi teman-teman semua. Terima kasih…..

MEGA PRAMESHWARDANI ASWIN MAHARDIKA
(1303055167)

No comments:

Post a Comment