Sunday 23 March 2014

Ternak Entok Tradisional Ala Pak Ra'uf....

HELLO SAHABAT ENTOK !!! How are you?, I am fine and i hope you are too ,,, aamiin
"kali ini kita akan membahas Ternak Tradisional Ala Pak Ra'uf....

`LANGSUNG SAJA ,,, ini DIa .!!
   
      Pak Rauf adalah seorang peternak unggas tradisiona, unggas yang diternaknya terdiri dari ayam kampung dan entok, Pak Ra'uf sendiri tinggal di daerah jauh terpencil yaitu di RT 10, Dusun Manunggal Jaya, Desa Tani Bhakti, KM 14, Kec. Loa Janan  Kab. Kutai Kartanegar. 

         Disanalah beliau beternak unggas yang mayoritas unggasnya Entok, Pak Ra'uf memiliki kandang entok yang besarnya hanya sekitar 3x3m yang diberi lampu penerangan. Beliau memulai ternak entok ini hanya iseng - iseng ingin mencoba, ternyata setelah dijalaninya tidak terlalu rumit, beliau berujar "ENTOK ITU TIDAK PERLU SELALU DIAWASI CUKUP DILEPAS DIA AKAN CARI MAKAN  SENDIRI" ... beliau memiliki 5 ekor induk betina, 4 ekor jantan dewasa, dan anakannya setiap induk betina memiliki 10- 13 ekor, biasayan Pak Ra'uf memberi pakan kepada ternak entonya dengan bama, atau dedak (tidak ada takaran tertentu).

         Pak Ra'uf beternak tujuannya adalah sebagai hobi dan untuk menambah penghasilan jika dibutuhkan dan lagi dalam kondisi ekonomi menjepit maka entok akan dijual dengan pedagang pengumpul, yang sudah jadi langganan, 1 ekor entok jantan dewasa dihargai 100.000 rupiah, 1 ekor entok betina dewasa dihargai 50.000 - 75.000 rupiah.

          WAHH..... LUMAYAN JUGA SAHABAT ENTOK .!!!! dengan perlakuan yang sederhana dan hasil yang lumayan ... tohh kenapa tidak untuk dilakukan ,,, HITUNG-HITUNG MENAMBAH UANG JAJAN .... 
EMMMM ....sampai disini dulu sahabat entokkk, jika sahabat ingin banyak tahu tentang ternak Pak Ra'uf, jika sahabat entok ingin banyak tahu tentang Ternak Tradisional Ala Pak Ra'uf ikuti terus post Blog Kami, tErImAkAsIh

by; Tajuddin 1303055131

    

No comments:

Post a Comment